10 Kelebihan dan Kekurangan, serta Spesifikasi dan Harga Oppo A7

0
148

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A7 – Oppo kembali meramaikan pasar ponsel di Indonesia. Mereka menambah jajaran smartphone kelas menengah, yaitu Oppo A7. Ponsel berharga terjangkau ini punya beberapa kelebihan, terutama dari segi desain dan kapasitas baterai.

Oppo A7 hadir lebih segar dengan beberapa keunggulan dari pendahulunya, Oppo A5 dan A3. Dapat dikatakan bahwa Oppo A7 ini merupakan Oppo F9 versi lebih murah, dan Realme 2 versi sedikit lebih mahal. Walaupun body ponsel pintar ini terlihat seperti gabungan Oppo A5 dan F9, Oppo A7 rasanya lebih menarik.

Untuk kamu yang menginginkan posel ini, silakan simak beberapa kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi lengkap dan harga dari Oppo A7 berikut ini!

Kelebihan Oppo A7

1. Layar Waterdrop Notch

Sumber Gambar: Oppo

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh Oppo A7 Adalah layarnya yang sudah waterdrop fullscreen. Selain itu, layar dari ponsel ini masuk kedalam kategori dengan layar yang besar, yaitu 6,22 inci dengan aspek rasio 19:9.

Jika kamu membeli smartphone yang memiliki layar seperti itu, dipastikan kamu akan puas bermain games dan nonton drama korea favoritmu.

2. Perlindungan Layar

Sumber Gambar: Oppo

Selain punya tampilan notch yang menarik, layar Oppo A7 juga telah dibekali kaca Gorilla Glass 3. Ini merupakan salah satu generasi keca pelindung ponsel terbaik besutan Corning. Sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir akan ketahanannya terhadap benturan.

3. Kamera Depan 16 MP

Sumber Gambar: Daily Mirror

Kalau kamu adalah orang yang narsis maksimal, Oppo A7 akan cocok sekali dengan kamu. Bagaimana tidak, ponsel ini memiliki 16 MP kamera depan yang bahkan lebih bagus dari kamera belakang yang hanya beresolusi 13 MP dan 2 MP.

Fitur kamera depannya pun sudah memiliki fitur beauty mode, bekas jerawat yang baru kamu pecahkan saja bisa tak terlihat.

4. Kapasitas Baterai Besar

Sumber Gambar: Oppo

Kapasitas baterai merupakan salah satu komponen paling penting di dalam suatu ponsel. Semakin besar kapasitasnya, tentu pengguna ponsel tersebut semakin puas. Apa lagi dilihat dari pemakaian ponsel sekarang ini, seperti bermain game dan nonton film.

Oppo A7 menanamkan baterai dengan kapasitas besar, yaitu 4.230 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, kamu tidak perlu khawatir nyari stop kontak untuk ngecas ketika sedang di luar.

5. Warna Atraktif

Sumber Gambar: Gadgetbyte Nepal

Oppo A7 dihadirkan dengan warna baru yang akan membuatnya terlihat lebih premium, lho. Terdapat dua varian warna yang bisa kamu pilih, yaitu Glaze Blue dan Glaring Gold. dengan sentuhan glossy dari warna tersebut, Oppo A7 akan tampak lebih menawan di tangan kamu.

Kekurangan Oppo A7

6. Chipset Kurang Powerful

Sumber Gambar: GSM Arena

Sangat disayangkan, chipset yang digunakan Oppo A7 masih Snapdragon 450. Ini sama dengan prosesor yang digunakan oleh pendahulunya, Oppo A5. Bahkan, salah satu pesain Oppo, Xiaomi menggunakan chipset Snapdragon 625 untuk perangkat di rentang harga yang sama.

7. Tanpa Fast Charging

Sumber Gambar: Oppo

Yap, tidak adanya fast charging pada ponsel ini merupakan kekurangan yang cukup penting. Oppo sudah yang mengiming-imingi kemewahan pada ponsel ini, ditebas dengan fakta tidak adanya pengisian daya baterai cepat.

Sangat disayangkan memang, jika dilihat dari kebutuhan banyak orang saat ini, fast charging merupakan fitur yang sangat dibutuhkan.

8. Kamera Belakang Tidak Ada Perubahan

Sumber Gambar: Oppo

Kamera belakang yang memiliki resolusi 13 MP dan 2 MP, sama seperti kamera Oppo A5. Jika Oppo memang berniat membuat ‘adik’ dari Oppo A5 yang lebih segar, setidaknya kamera belakang perlu di-upgrade dengan resolusi lebih tinggi.

Meski begitu, kemungkinan memang ponsel ini ditujukan untuk swaforo. Kamera depannya saja sudah 16 MP, karena Oppo memang sangat berambisi jadi sang “Selfie Expert.”

9. Layar Masih HD

Sumber Gambar: Oppo

Sayangnya Oppo A7 masih menggunakan layar dengan resolusi high definition plus (HD+). Mungkin layar HD ini sudah dapat memuaskan untuk beberapa orang. Namun, dengan layar yang besar dan segala teknologinya, akan kurang lengkap jika layar ini tidak Full HD.

10. Material Plastik

Sumber Gambar: Gadgets Intro

Terakhir, kekurangan Oppo A7 ini terletak pada bahan yang mereka gunakan. Mereka masih menggunakan bahan plastik di cover belakang. Walaupun warna dari ponsel ini membuatnya terlihat premium, tapi bahan plastik ini justru memberikan kesan yang kurang kokoh.

Jika dilihat dari persaingan ponsel pintar kelas menengah saat ini, sudah banyak dari mereka yang tidak lagi menggunakan bahan plastik.

Spesifikasi dan Harga Oppo A7

Nama Oppo A7
Rilis November 2018
Dimensi 155,9 x 75,4 x 8,1 mm
Berat 168 gram
Material Logam dan plastik
Jenis Layar IPS LCD
Ukuran 6,2 inci (rasio layar ke bodi ~81.6%)
Resolusi 720 x 1.520 pixels, 19:9 ratio (~271 piksel per inci)
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
OS Android 8.1 (Oreo)
Prosesor Qualcomm Snapdragon 450 (14 nm)
Inti Octa-core 1,8 GHz Cortex-A53
Grafis Adreno 506
Internal 32/64 GB, 3/4 GB RAM
Eksternal microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Kamera Belakang 13 MP, f/2.2, AF2 MP, f/2.4, depth sensor, LED flash, HDR, Panorama
Kamera Depan 16 MP, f/2.0
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
Baterai 4.230 mAh
Harga Mulai dari Rp 3.699.000

Informasi penting lainnya adalah kamu bisa mendapatkan Oppo A7 dengan merogoh kocek mulai dari Rp 3,699 juta. Jika dilihat dari harga, spesifikasi, dan minimnya peningkatan dari Oppo A series sebelumnya, sepertinya Oppo A7 ini kurang disarankan buat kamu yang menginginkan ponsel berpesifikasi tinggi dengan harga yang cukup murah.

Tapi, jika kamu mencari smartphone Android berdesain menarik dengan layar luas dan baterai besar, Oppo A7 bisa jadi pilihan tepat untukmu.

Jadi, gimana Toppers? Tertarik untuk beli Oppo A7? Yuk, langsung cek Tokopedia untuk menemukan harga yang terbaik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here