10 Kelebihan dan Kekurangan, serta Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 8 Lite

0
112

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 8 Lite – Xiaomi menjadi salah satu merk smartphone Android asal China yang banyak diminati karena performanya yang bagus dengan harga yang tergolong terjangkau. Beberapa saat lalu Xiaomi meluncurkan flagship smartphone seri Mi, yaitu Xiaomi Mi 8 Lite.

Menyusul keluaran Mi 8 sebelumnya, Xiaomi Mi 8 Lite menjadi salah satu smartphone kelas menengah-atas Android yang cukup ditunggu-tunggu oleh penggemar Xiaomi. Bagaimana tidak, ponsel yang mengusung tema youth ini memiliki harga yang lebih murah dari seri Mi 8 lainnya.

Dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, Mi 8 Lite bisa jadi pertimbangan Toppers sebagai pilihan. Langsung saja simak ulasan lengkap kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi dan harga Xiaomi Mi 8 Lite berikut ini!

Kelebihan Xiaomi Mi 8 Lite

1. Keluarga Mi 8 Termurah

Sumber Gambar: Xiaomi

Dibanding dengan Xiaomi seri Mi 8 lainnya, handphone seri unggulan ini memiliki harga termurah dengan kisaran Rp 3 jutaan hingga Rp 4 jutaan. Sedangkan pada seri Mi 8 lainnya dibanderol hingga mencapai Rp 8 jutaan.

Walaupun harganya yang murah, ponsel pintar ini tetap memiliki spesifikasi yang kuat seperti keluarga Xiaomi seri Mi lainnya. Dengan budget Rp 3-4 jutaan, Mi 8 Lite ini didukung oleh RAM yang cukup besar, yaitu 4 GB dan 6 GB ditambah jeroan tangguh berbekal chipset Snapdragon 660.

2. Andal untuk Fotografi

Sumber Gambar: Giztop

Mi 8 Lite ini pun telah hadir dengan 2 lensa kamera belakang dengan resolusi 12 MP dan 5 MP. Xiaomi juga menyelipkan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dapat digunakan untuk mengenali 27 scene memaksimalkan pemotretan.

Video yang dapat direkam pun sudah tergolong mumpuni yaitu kamera ponsel ini dapat merekam dengan kualitas hingga 4K 2160p @30fps. Yang jelas handphone dengan kemampuan kamera ini sudah sangat mendukung untuk mengambil gambar yang apik.

3. USB Type C dan Quick Charge

Sumber Gambar: China Gadgets

Dengan harga yang cukup terjangkau, Xiaomi seri Mi 8 Lite ini sudah mampu mengeluarkan ponsel dengan USB Type C. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan yang dipunyai oleh Xiaomi seri ini.

Tentunya dengan teknologi USB Type C, memungkinkan Mi 8 Lite melakukan pengisian daya baterai cepat berkat fitur Quick Charge 3.0.

4. Desain dan Warna Premium

Sumber Gambar: Soyacincau

Jika berbicara soal design, maka sesuai dengan namanya, flagship Xiaomi ini menampilkan tampilan dengan warna yang premium dan terlihat muda. Bodi yang tipis ditambah warna dengan gradasi mengilap yang mewah menjadi nilai tambah untuk tampilan desain ponsel ini.

Menggunakan kaca pada layar depan dan full metal di bagian belakang, Xiaomi Mi 8 Lite tampil dengan menawan. Selain itu, desain bentuk ponsel ini membuatnya nyaman untuk di genggam, bodi cukup tipis setebal 7,66 mm.

Ponsel ini juga telah menggunakan notch dan bezel-less pada layarnya.

5. Kamera Depan Tangguh 24 MP

Sumber Gambar: Xiaomi

Tidak hanya kamera belakang, kamera depan Mi 8 Lite pun menawarkan kecanggihan yang tidak kalah dengan lensa belakangnya. Dibekali dengan 24 MP dan dilengkapi fitur beauty, ponsel ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pecinta selfie.

Dengan lensa bukaan aperture f/2.0, pixel size 0.9µm dan dilengkapi fitur high dynamic range (HDR) akan memberikan hasil swafoto yang apik.

Kekurangan Xiaomi Mi 8 Lite

6. Tidak Support NFC

Near field communication (NFC) adalah sebuah teknologi untuk menciptakan komunikasi dengan mendekatkan 2 perangkat. Di mana fitur ini memiliki fungsi sebagai alat pembayaran, permainan multiplayer, sampai menjalankan tugas tertentu.

Sayangnya, karena beberapa alasan pihak Xiaomi belum menyematkan fitur NFC untuk mendukung ponsel cerdas ini.

7. Port Audio Jack yang Dihilangkan

Mengikuti tren smartphone tanpa port audio jack, Xiaomi Mi 8 Lite menghilangkan fungsi lubang audio 3.5 mm ini pada ponselnya. Walaupun disediakan kabel USB type C yang nantinya bisa di konversi menjadi lubang audio.

Dengan dihilangkan port audio ini membuat penggunanya harus membawa alat konversi tersebut jika ingin menggunakan handsfree. Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut akan agak merepotkan.

8. Mudah Kotor dan Licin

Sayangnya, dengan tampilan yang menawan dan warna gradasi yang mengkilap, bodi pada ponsel ini mudah kotor dan licin. Seringkali sidik jari menjiplak pada badan handphone, sehingga memberi kesan kotor pada ponsel.

Selain itu, karena mengusung desain seperti ini membuat ponsel jadi agak licin, apalagi jika kamu menggunakannya di tempat tidur.

9. Panel Layar IPS

Pada seri keluarga Mi 8 lainnya, layar yang digunakan adalah teknologi AMOLED akan tetapi, pada Xiaomi Mi 8 Lite masih menggunakan IPS pada layarnya. Di mana warna yang ditampilkan oleh layar dengan berteknologi IPS tidak sekuat atau senyata AMOLED.

Tetapi kembali lagi sesuai preferensi pribadi masing-masing karena baik IPS maupun AMOLED memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

10. Tidak Ada Radio

Mungkin dengan menghilangnya fitur radio pada sebuah ponsel pintar tidak menjadi suatu masalah bagi sebagian orang untuk saat ini. Radio bisa menjadi penghibur di kala waktu senggang dan untuk handphone sekelas premium biasanya tetap memberi fitur radio di dalamnya.

Memang fitur ini mungkin tidak terlalu penting, namun rasanya tidak lengkap jika radio sama sekali tidak dihadirkan dalam ponsel.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 8 Lite

Nama Xiaomi Mi 8 Lite
Rilis September 2018
Dimensi 156,4 x 75,8 x 7,5 mm
Berat 169 gram
Material Metal, kaca
Jenis Layar IPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 6,26 inci
Resolusi 2.280 x 1.080 piksel
Proteksi Corning Gorilla Glass
OS Android Oreo 8.1 (MIUI)
Prosesor Qualcomm Snapdragon 660
Inti Octa-core (4x 2,2 GHz Kryo 260 + 4x 1,8 GHz Kryo 260)
Grafis Adreno 512
Internal 128 GB / 64 GB
Eksternal Tidak ada
Kamera Belakang Dual lensa: 12MP + 5MPf/1.9, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF + f/2.0, 1.12µm, depth sensor, LED flash, EIS, video: 2160p @30fps, 1080p @120fps
Kamera Depan 24 MPf/2.0, 0.9µm, auto HDR, 1080p @30fps
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot, dual-band
Penanda GPS, A-GPS, GLONASS, BDS
Radio Tidak ada
USB Type-C 1.0
Sensor Fingerprint, Accelerometer, light, compass, proximity, gyroscope
3.5mm jack Tidak ada
Baterai Non-removable Li-Po 3350 mAh, Quick Charge 3.0
Harga Rp 3,6 juta – Rp 4,3 juta

Dengan segudang spesifikasi yang mumpuni, ditambah harga ponsel yang tergolong murah untuk smartphone kelas menengah dan termasuk dalam seri Mi, Xiaomi Mi 8 Lite bisa menjadi ponsel favorit andalanmu. Ia juga bisa jadi alternatif bagi peminat Mi 8 atau Mi 8 Pro yang tak kunjung resmi di Indonesia.

Xiaomi Mi 8 Lite juga cocok bagi jiwa muda yang ingin memiliki ponsel sekelas flagship dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi, bagaimana Toppers, apakah kamu sudah menentukan pilihanmu? Yuk, temukan dengan harga termurah di Tokopedia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here