Beginilah Cara Bercocok Tanam Di Lahan Sempit Yang Harus Anda Coba

0
45

Semakin padatnya perumahan, apalagi di daerah perkotaan, menjadikan lahan pekarangan semakin sempit, bahkan nyaris tidak ada. Padahal disarankan, setiap rumah memiliki sumber oksigen alami yaitu pepohonan, minimal ada pohon bunga dan pohon dedaunan.

Lebih baik lagi jika kita bisa menanam tanaman sayuran, tanaman hias, apotik hidup, dan sebagainya. Hasilnya pun dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga sehari-hari. Bersifat ekonomis, bahkan kita akan lebih sehat.

Namun banyak masyarakat yang selalu saja beralasan jika tak punya lahan, tak punya tanah, akhirnya rumah menjadi gersang dan terasa panas.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita memulai bercocok tanam dengan memanfaatkan sistem tanam vertikultur yang menggunakan media tanam yang cukup baik untuk lahan sempit karena tidak memakan tempat.

Sistem tanam vertikultur adalah sistem budidaya pertanian yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat. Dengan struktur vertikal, akan memudahkan pengguna membuat dan memeliharanya.

Banyak sedikitnya tanaman yang akan kita budidayakan bergantung pada model wadah yang kita gunakan. Untuk memulai budidaya tanaman ini tidak perlu merasa direpotkan dengan peralatan dan bahan yang akan mahal, kita bisa memanfaatkan barang bekas, yang penting wadah yang dipakai dapat menyediakan ruang tumbuh yang baik bagi tanaman.

Namun jika Anda memiliki pertimbangan segi keindahan dan keawetan wadah tanam, tidak ada salahnya bisa membeli wadah dan media tanam yang baik dan terpercaya di Tokopedia.

Menurut para ahli, ada tiga aspek yang harus dipersiapkan dalam budidaya tanaman organik secara vertikultur, yaitu:

  1. Membuat rak vertikultur
  2. Persiapan dan penggunaan pupuk organik
  3. Cara penanaman dan pemeliharaan.

Banyak jenis-jenis tanaman yang dapat ditanam dengan sistem ini, antara lain:

  • Tanaman bunga seperti anggrek, mawar, melati, azalea, kemuning kembang sepatu, dll; dan
  • Tanaman sayur seperti bayam, kangkung, selada, sawi, selada, kubis, wortel, tomat, terong, cabai, daun singkong, seledri, dan lain-lainnya
  • Tanaman obat-obatan seperti kunyit, jahe, sirih, sereh, daun dewa, kumis kucing, gingseng, gandarusa, lidah buaya, daun mint dan lain-lain.

Teknik penanaman tanaman yang memerlukan banyak sinar matahari, seperti cabai, tomat, terong, dan sawi hendaknya diletakkan di posisi bagian atas. Sedangkan tanaman kangkung, dan seledri bisa di bagian tengah atau bawah.

Media tanam yang digunakan dapat berupa campuran pasir, tanah gembur, pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1 dan bisa ditambahkan pupuk urea. Selain pupuk kompos, pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk kandang. Anda juga dapat memperolehnya di toko-toko media tanam secara online dan terpercaya.

Cara menanam tanaman vertikultur:

1. Sementara itu kita bisa membuat persemaian benih di tempat lain, setelah mulai tumbuh benih.

2. Siapkan wadah. Masukkan media tanam campuran tadi ke dalam wadah secara merata.

3. Buatlah lubang tanam pada media tanam dengan menggunakan sekop kecil.

4. Tanamlah tanaman hasil semai di dalam lubang tanam. Untuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air dan banyak sinar matahari, dapat ditanam di lubang atas dan tanaman yang membutuhkan banyak air di bagian bawah.

5. Lakukan penambahan media (kompos atau tanah gembur) di setiap lubang apabila media tanahnya berkurang.

6. Susun disudut pagar atau digantung di tembok.

7. Lakukan pengontrolan terhadap hama dan penyakit. Anda bisa memberikan insektisida yang aman buat pertumbuhan tanaman.

Gampang bukan? Jadi tidak boleh beralasan lagi jika kita tidak memiliki tempat lahan yang luas untuk bercocok tanam.

Original Flora, Toko Perlengkapan Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

Seperti disinggung sebelumnya, jika Anda ingin membeli perlengkapan bercocok tanam, Anda juga bisa membelinya di Tokopedia. Salah satu merchant yang menyediakan aneka kebutuhan Anda ada di ORIGINAL FLORA.

Di sini kita bisa membeli peralatan bercocok tanam, media tanah, pupuk, insektisida, gunting dahan, sekop kecil, berbagai bibit tanaman obat, tanaman hias, dan lain-lain dengan harga terjangkau.

Ada pula berbagai bibit pohon Miyana, Matoa, Alpukat, Daun Mint, Jarak, Bidara, Tien, dan lain sebagainya yang baik untuk Anda tanam sebagai pohon yang produktif.

Meskipun pada bulan November 2018 baru bergabung di Tokopedia, toko ini sudah mendapatkan tanda medali emas. Padahal seminggu lalu masih menempati urutan di 5 medali perak. Menakjubkan bukan?

Belum setahun, Toko Original Flora yang terletak di Mustika Jaya, Kabupaten Bekasi ini sudah memiliki 1160 pengikut. Menurut ulasan dari seribu delapan ratus orang pelanggan menyatakan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Bagaimana dengan Anda? Tertarik menghijaukan lahan sempit di sekitar rumah dengan pohon yang bermanfaat? Sudah saatnya belanja di Original Flora Bekasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here