Bergabung Di Tokopedia Untuk Belajar Menjadi Seller Online Terbaik

0
24
278-bergabung-di-tokopedia-untuk-belajar-menjadi-seller-online-terbaik

Menjalani bisnis online sudah menjadi pilihan Mak Esa yang memulai bisnis onlinenya sejak tahun 2010-2011. “Saya bukan tipe yang mudah menawarkan sesuatu atau berjualan langsung. Online jadi opsi yang oke banget bagi saya,” kata Mak Esa, selain harus menjaga anak-anaknya dan juga mengurus segala hal di rumah seperti layaknya ibu rumah tangga lainnya. Dan, meski hanya bisnis online kecil-kecilan, tapi Mak Esa berharap dapat menjadi seller online terbaik agar bisa lebih berkembang lagi bisnis onlinenya.

Sudah banyak contohnya bisnis online yang mampu berkembang besar melebihi bisnis offline karena jangkauan pembeli jauh lebih luas, dari seluruh Indonesia bisa mencapai luar negeri. Modal bisnis online bisa lebih minimalis dibanding bisnis offline yang butuh tempat tersendiri, butuh prodak secara fisik dalam jumlah banyak juga.

Sementara bisnis online bisa berjualan di media sosial sampai marketplace, prodak tidak harus membeli secara partai besar, cukup bermodalkan foto-foto prodak lebih dahulu. Hal-hal ini yang membuat bisnis online menjadi berkembang banyak, seiring masuknya era ekonomi digital dan Indonesia termasuk negara yang mengalami perkembangan pesat.

Penggiat bisnis online harus bisa membaca selera pasar untuk memilih prodak apa yang akan dijualnya agar tepat sasaran. Mak Esa sendiri memilih berjualan aneka prodak dengan tujuan untuk mengetahui prodak apa yang paling laris dan cocok untuk dijual online shopnya. Karena online shop biasanya memiliki selera konsumennya masing-masing, sebagai owner harus mempelajari.

Kemudian Mak Esa pun memutuskan untuk bergabung ke Tokopedia dengan memakai nama online shop Belanja Keluarga. “Karena saat itu Tokopedia sepertinya satu-satunya marketplace yang user friendly,” kata Mak Esa mengungkapkan alasannya memilih bergabung dengan Tokopedia.

Eni Martini

Di Tokopedia Mak Esa berjualan berbagai prodak perlengkapan kebutuhan ibu dan anak, jaket, juga buku-buku. Salah satu contoh prodak kebutuhan anak seperti bedongan bayi, topi bayi, semua prodaknya memiliki harga yang murah meriah supaya konsumen nyaman meski hanya memiliki budget minimalis. Tetapi tetap memperhatikan kualitas agar konsumen tidak merasa kecewa sekali. Sejauh ini prodak yang paling laris di Belanja Keluarga adalah buku I Know You dan tutup botol.

Menurut Mak Esa di Tokopedia memiliki kelebihan diantaranya adalah user friendly, opsi atau pilihan ekspedisi banyak, mudah dipelajari. adanya free promo per jam, managemen prodaknya bagus, kemudahan checkout dan penggunaan voucer atau kupon, mudah untuk sorting barang. Tokopedia cukup cocok untuk para penggiat bisnis online yang ingin belajar menjadi seller online terbaik.

Karena untuk menghadapi komplain konsumen yang menerima prodak tidak sesuai pesanan atau komplain lainnya juga mudah, sudah tersedia fitur-fiturnya konsumen tinggal memilih akan diselesaikan seperti apa. Sehingga hubungan konsumen dan seller online bisa terjalin komunikasi yang lebih baik. Seller online di Tokopedia juga otomatis menjadi fokus untuk melayani konsumen dengan baik karena bila terjadi barang tidak ready, tapi seller online tidak melakukan cancel segera, rating seller online akan turun.

Mak Esa mengakui puas bergabung di Tokopedia, namun dia memiliki harapan agar Tokopedia memberi program free ongkir agar konsumen lebih banyak lagi yang tertarik belanja. “Satu lagi, akses untuk customer servis semoga lebih mudah dicari,” kata Mak Esa yang pernah mengalami masalah yang tidak bisa melalui email atau customer servis Tokopedia sehingga sempat panik. (Pena/EM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here