Dari Ibu Rumah Tangga Menjadi Seller Online Terbaik

0
80
263-dari-ibu-rumah-tangga-menjadi-seller-online-terbaik

Bisnis online sudah membuat peluang besar bagi ibu rumah tangga untuk memperoleh penghasilan sendiri, karena bisnis online bisa dilakukan dimana pun, termasuk di rumah sambil mengasuh anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Juga tidak memerlukan tempat seperti toko fisik pada umumnya, karena penggiat bisnis online bisa bergabung di marketplace untuk mendisplay produknya. Hanya tentu saja yang dapat berkembang dalam bisnis online hanya seller online terbaik.

Jika berbisnis online hanya sekedar tertarik untuk meraup untung besar, mengikuti tren pasar ekonomi digital, bukan mustahil jika bisnis online yang digeluti akan sulit berkembang atau berhenti di tengah jalan, dan hal ini banyak terjadi pada penggiat bisnis online di Indonesia. Memang semua hal butuh kerja keras untuk menjadi terbaik di bidangnya.

Ferrasanti Elisa atau yang biasa disapa Fe menyadari itu meski seorang iburumah tangga yang mengawali bisnis onlinenya dari media sosial facebook, kemudian merambah bergabung ke Tokopedia pada tahun 2013 dan berhasil menjadi seller online terbaik dengan meraup penghasilan perbulan 3-7 juta rupiah. Penghasilan ini membuat Fe merasa lebih senang menjalankan bisnis online daripada bekerja convesional.

Erni Martini

Fe menceritakan jika dulu dirinya bekerja di kantor lalu menikah dan hamil. Ketika hamil ini Fe memutuskan untuk memulai bisnis yang dapat dikerjakan di rumah jika nanti anaknya lahir. Pilihannya jatuh pada bisnis online yang berawal dari media sosial hingga aktif di Tokopedia, “Tidak menyangka sudah sepuluh tahun,” kata Fe mengenang perjalananya menggeluti bisnis online.

Terlebih bergabung di Tokopedia memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi seller online terbaik bagi konsumennya selama ini. Bahkan tokonya pernah dijadikan flash sale oleh Tokopedia sehingga banyak konsumen yang click tokonya dan membeli prodaknya bukan hanya yang ada di flash sale. Memang flash sale memberi efek promosi yang bagus.

Fe yang memiliki online shop Irene’s Store di Tokopedia menjual produk berupa buku anak mengakui terbantu berjualan di Tokopedia karena tidak perlu merekap orderan, daya jangkau pembeli seluruh nusantara, konsumen di Irene’s Store sudah menjangkau luar pulau Jawa dan memiliki pelanggan terbesar di Papua. “Free worry penipuan kedua belah pihak buyer dan seller karena Tokopedia juga salah satu pelopor marketplace yang dikenal baik sebelum marketplace lainnya bermunculan,” tambah Fe menyebut kelebihan berjualan di Tokopedia.

Erni Martini

Menurut Fe, Tokopedia berbeda dengan marketplace lainnya. Untuk proses terima order dan printingnya lebih baik. Sistem handle complain antar buyer dan konsumen sangat bagus. Termasuk pendataan rekapan pembelian dan penjualan tercatat dengan rapi yang dapat dibuka kapan saja.

Dan, sebagai seller online yang tergabung di Tokopedia kewajiban Irene’s Store mengikuti peraturan yang ada, melayani konsumen sebaiknya mungkin dengan fast respond, menjual produk yang berkualitas, pengiriman tepat waktu. “Memberikan win-win solution ketika konsumen komplain. Biasanya saya minta prodak yang riject atau tidak sesuai difotokan atau dividiokan sebagai bukti,” kata Fe.

Tidak mengherankan jika Irene’s Store yang berlokasi di Jakarta bertahan diantara banyaknya online shop lain hingga kini, dan ke depan Fe berharap Tokopedia berinovasi dengan program free ongkir. Karena free ongkir merupakan daya tarik terbesar untuk berbelanja online. “Saya juga berharap Irene’s Store selalu bisa ikut even yang ada di Tokopedia sebagai media promosi.” (Pena/EM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here