Dengan Modal 200 Ribu, Noni Mekar Jaya Mampu Hasilkan Penganan dari Daun Singkong Beromset 10 Juta Rupiah.

0
142
287-dengan-modal-200-ribu-noni-mekar-jaya-mampu-hasilkan-penganan-dari-daun-singkong-beromset-10-juta-rupiah

Siapa yang tak suka dengan kerupuk snack kriuk? Cemilan khas yang terbuat dari bahan baku utama tepung tapioka ini pasti disukai semua orang, mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Tekstur garing dengan rasa gurih asinnya selalu memikat lidah untuk terus disantap. Apalagi jika dibarengi nasi hangat atau kuah soto dan bakso, pasti menambah kenikmatan makan.

Hal inilah yang ditangkap peluangnya oleh seorang ibu rumah tangga bernama Nova (40th) asal Parung yang memberanikan diri membuat kerupuk khas yang menggunakan bahan baku di sekitar rumahnya yaitu daun singkong dan menjajakannya ke tetangga sekitar.

Lia Lathifa

Berawal dari kepeduliannya lingkungan, Nova mulai berfikir untuk membuat kerupuk dari bahan baku yang murah meriah, salah satunya adalah daun singkong yang banyak ditanam di daerahnya, mudah didapat dan tak perlu penanganan khusus.

Dengan melakukan beberapa kali uji coba, akhirnya Nova mampu membuat kerupuk daun singkong yang disukai oleh teman-temannya, tetangga, maupun kerabatnya.

Bumbu yang digunakan berbahan pun alami seperti bawang putih, ketumbar, jahe, garam bebas MSG. Nova ingin memastikan bahwa produknya aman dan cocok dikonsumsi siapa saja. Apalagi daun singkong dipercaya mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk pencernaan.

Dengan bantuan anak lelakinya, Qoni (12 tahun saat itu) Nova mulai memantapkan diri membuka perusahaan kecil yang diberi nama cv. Mekar Jaya dengan modal 200 ribu saja. Wow!

Lia Lathifa

Qoni-lah yang membantu membuat label 2 peri, mendesign kemasan, dan membantu memasarkan ke beberapa warung, sosial media, dan bahkan mencoba menjualnya di supermarket.

Sejak tahun 2017, Qoni mulai membuka toko online di Tokopedia yang diberi nama Noni Snack, berasal dari singkatan keduanya yaitu Nova dan Qoni (Noni). Mereka menjual produk khasnya dengan harga yang terjangkau, mereka ingin semuanya puas dan menjadi seller terpercaya.

Meskipun ada beberapa kendala pengiriman, karena selalu tersendat dengan volume dan berat yang tidak sesuai dengan ongkos kirim, namun tak mengurungkan semangat mereka untuk terus berbisnis kerupuk dan snack khas Mekar Jaya.

Dengan mengikuti beberapa komunitas UMKM, bisnis pemula, dan beberapa pameran, perlahan tapi pasti kerupuk mentahnya mulai dikenal oleh beberapa masyarakat luas, banyak yang berminat membeli kerupuknya. Hingga kini Mekar Jaya mampu mendapatkan omset sekitar 10 juta rupiah.

Hal ini memantapkan Nova kembali mengajak para ibu-ibu tetangga untuk membantunya sekaligus ingin mewujudkan cita-citanya sebagai Women Sociopreneur. Nova ingin para wanita di daerahnya bisa menghasilkan keterampilan memasak dan mendapatkan tambahan sampingan selain mengurus anak dan rumah tangga.

Tak hanya berbahan dasar daun singkong, Nova pun mengembangkan produknya menggunakan bahan baku seperti kacang tolo, kacang kedelai, kacang hijau dengan aneka rasa, mulai rasa gurih, manisnya gula merah, hingga pedas cabai rawit.

Cara membuatnya cukup digoreng di dalam minyak panas, dan diaduk-aduk hingga kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Mudah sekali, bukan?

Lia Lathifa

Bahkan selain kerupuk, Nova juga membuat penganan siap santap, tinggal dimakan, antara lain seperti eggroll daun singkong, cheestik bawang putih, roll kacang tolo, roll kacang hijau, bahkan lumpia khas Bogor yaitu Lupita yang menggunakan tambahan buah bit, daging ayam, dan daging sapi.

Lia Lathifa

Sementara ini hanya dikirim ke seluruh wilayah Jabodetabek, Karawang, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menggunakan jasa JNE, GoSend, J&T, namun toko onlinenya di Tokopedia telah mendapatkan reputasi yang baik dari kepuasan pelanggan.

Ke depannya, Nova berharap produknya bisa dinikmati pelanggan di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Kita doakan ya! Jika anda tertarik menikmatinya, anda bisa langsung lihat di Noni Snack atau instagramnya di akun @Mekarjaya2013_cemilan.

Lakukan komunikasi sebelumnya agar anda bisa mendapatkan produk yang fresh. (Pena/LL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here