Fruta Food, Menjadi Seller Salad Buah Terbaik di Jakarta Dalam Waktu Dua Tahun

0
86
Fruta Food Mujib

Bermula dari Hobi, Yusuf H Prawira, 35 tahun, sukses mengibarkan bisnis salad buah terpercaya di Jakarta. Tangan dingin dan ketelatenannya kini menempatkan usahanya sebagai salah satu seller salad buah terbaik dengan brand Fruta Food.

Salad buah saat ini cukup populer di Indonesia meski baru merambah kota-kota besar. Namun tidak demikian dengan tiga tahun lalu. Menurut penuturan Yusuf, pada tahun 2015 makanan asli Amerika awal abad 20 ini hanya tersedia di acara wedding. Tak ada produsen yang membuatnya dalam kemasan, apalagi eceran.

Tetapi tahun lalu ketika makanan ini mulai populer, penjajanya sudah mulai ada meski belum begitu ramai. Fruta food termasuk produsen pertama yang memasarkan dan menjual salad buah secara online di Indonesia, dengan fokus Jabodetabek. “Keunggulan toko kami adalah pengiriman di hari yang sama saat ada pemesanan,” kata Yusuf yang biasa dipanggil Ryan.

Pada zaman dahulu kala, ketika makanan lezat bernama salad buah masih sulit ditemui toko-toko, orang seperti Yusuf sering dibuat pusing kepala. Bila nyidamnya datang, ia kebingungan mencari toko yang menjual benda mak nyus ini. Bermula dari kebutuhan pribadi yang tak terpenuhi itu, ia membuat salad sendiri dan mencoba memproduksinya secara komersial.

Ternyata pasar menyambutnya. Sejak beroperasi tahun 2015, ia kini membukukan omset antara 250 sampai 300 kemasan per hari. Untuk menjangkau penggila salad sejabodetabek, ia dibantu dua distributor dan puluhan reseller. Sejak bergabung di marketplace tokopedia pada link https://www.tokopedia.com/frutafoodsalad , omsetnya mengalami kenaikan signifikan.

Salad buah produk Yusuf memiliki komposisi permanen yang menurutnya tak bakal diutak-atik formasinya. Yaitu melon hijau, melon orange, apel, pir, anggur, strawberry, nata de coco, dan jelly. Kombinasi ini semakin yummy dengan saus putih dan toping keju cheddar diatasnya.

“Salad buah kami dijamin segar di tangan pembeli dan dijamin halal karena memiliki sertifikat halal dari MUI” katanya. Namun sayangnya, sejauh ini ia baru bisa merespon pelanggan dari seantero Jakarta dan kota-kota satelitnya dalam radius 40 kilometer. Sifat bawaan buah yang tidak bisa bertahan lama, kecuali di lemari pendingin, membuatnya tak mungkin mengirim ke luar kota.

Untuk orderan dalam kota ia biasa mengirim via ojek online agar langsung berangkat dalam keadaan segar. “Untuk kedepannya kami sedang mengusahakan agar bisa dikirim ke luar kota” katanya. Ia tak merinci, upaya macam apa yang akan ia tempuh. Namun salah satu yang ia pikirkan adalah membuka cabang di beberapa mall atau café.

Saat ini salad sehat ala Yusuf dikemas dalam ukuran small, mini medium, medium, large, extra large, dan jumbo. Masing-masing berisi 150 gram, 300 gram, 500 gram, 1000 gram, 1800 gram dan yang terbesar 5000 gram. Selain melayani pembeli langsung, ia juga biasa menerima reselling dengan sistem dropship. Jumlah resellernya telah mencapai 30 orang. (Pena/MR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here