Inilah Peralatan Panahan Dan Manfaatnya Bagi Pemula

0
25

Bukan tanpa alasan mengapa sejak jaman kenabian kegiatan bermain panahan ini sangat baik diajarkan kepada anak-anak hingga orang dewasa. Ternyata manfaatnya tak hanya baik untuk fisik, tapi juga baik untuk kesehatan psikis.

Olahraga panahan ini pun semakin populer sejak munculnya film The Lord of The Rings yang memperlihatkan kelihaian Legolas memberantas musuh-musuhnya. Apalagi di Indonesia, sejak Presiden Jokowi mengikuti kejuaraan olahraga panahan, akhirnya hampir semua masyarakat tertarik untuk mencobanya.

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Michael Triangto, yang dikutip dari Tempo, olahraga panahan ini bermanfaat untuk melatih fisik seseorang agar lebih sehat dan daya tahan tubuh semakin kuat.

Dengan panahan, otot tangan, pundak dan dada menjadi lentur, tak mudah sakit. Tulang belakang menjadi tegak. Paru-paru sehat, nafas lebih teratur. Aliran darah menjadi baik, dapat menyehatkan kinerja jantung, dan otak dapat menjaga keseimbangan tubuh.

Selain membuat sehat fisik, olahraga panahan juga dapat melatih psikis menjadi lebih baik dalam berkompetitif, pandai mengatur strategi, menguji kesabaran, dan fokus pada ketepatan sasaran.

Untuk melakukan olahraga panahan, anda bisa mencoba sendiri di rumah. Tekhnik-tekhniknya sudah banyak dicontohkan oleh para profesional dan anda bisa melihatnya di tayangan video-video online atau Youtube.

Untuk bisa latihan panahan, anda harus sediakan alat-alatnya sendiri. Antara lain:

1. Busur Panah (Bow)

Seorang pemanah wajib memiliki busur panah yang digunakan sebagai penentu anak panah. Busur panah yang baik akan dapat melepaskan tembakan yang maksimal dan tepat sasaran.

Ada 2 jenis busur yang umum dan paling utama, yaitu: Recurve bow dan Single piece bow. Jika ingin memilih busur dengan nyaman dan baik, amat direkomendasikan untuk memilih busur fiberglass atau menggunakan busur yang telah dilaminasi, diberikan pelapis khusus.

Namun, jenis busur bongkar pasang lebih banyak yang menyukainya karena lebih praktis dibawa-bawa dan ringkas disimpan. Bahkan mudah dan murah untuk mengganti perangkatnya jika mengalami kerusakan. Itulah mengapa, recurve bow menjadi lebih populer dan diminati ketimbang single piece.

Perangkat-perangkat yang ada pada busur panah jenis bongkar pasang antara lain adalah:

  • Grip: bagian memegang busur.
  • Limb: perangkat ini menyimpan energi pegas pada busur.
  • Limb tip string: perangkat ini dapat memindahkan energi dari tangan pemanah menuju limb atau sebaliknya. Terbuat dari bahan kevlar yang merupakan material sintetis.
  • Riser: pegangan utama busur sekaligus sebagai tempat peletakan limb
  • String groove: tempat mengaitkan lekukan tali busur (string)
  • Stabilizer: alat yang dipakai untuk mengatur keseimbangan busur dan penahan saat melakukan tembakan.
  • Center serving Nock point: Peralatan ini dipasang pada bagian tali busur, sebagai tempat peletakan ujung anak panah. Biasanya terbuat dari besi, plastik atau hanya berupa lilitan benang.
  • Arrow rest: tempat lokasi peletakan anak panah di bagian depan, terbuat dari besi atau plastik.
  • Sight: bagian yang digunakan agar dapat membidik dengan tingkat akurasi tinggi.
  • Sight window: Bagian aksesoris pelengkap tambahan yang membantu mata agar tepat membidik sasaran.

2. Tali Busur (String)

Tali busur adalah peralatan panahan yang dipasangkan busur panah. Biasanya terbuat dari bahan Dacron dan nilon sebagai bahan dasarnya. Bahan dacron bersifat fleksibel, ringan, sehingga tidak memberatkan pemanah saat pertama kali mencoba memanah.

Berbeda dengan tali busur yang terbuat dari monofilament nylon, pemanah pemula akan merasa tidak nyaman karena jari-jari jadi sakit.

3. Anak Panah (Arrow)

Anak panah ini peralatan wajib yang harus dimiliki setelah busur. Cara mainnya yaitu harus ditembakkan menggunakan busur panah.

Jenis-jenis anak panah yang dapat anda pilih, antara lain:

a. Anak Panah Fiberglass

Sebagai pemula, anda bisa mencoba menggunakan jenis anak panah fiberglass karena harganya yang tak terlalu mahal dan awet tahan lama. Namun bobotnya agak berat, kurang fleksibilitas, tak melengkung saat diberi kekuatan besar.

b. Anak Panah Kayu (Wood)

Jenis anak panah yang terbuat dari bahan kayu sering banyak dipakai karena mudah dijumpai di sekitar kita dan banyak digunakan untuk aktivitas berburu di hutan dan tidak dipakai untuk perlombaan, karena kualitasnya kurang baik, tidak tahan lama, gampang dimakan rayap, dan cepat lapuk jika disimpan.

c. Anak Panah Aluminium

Jenis anak panah yang terbuat dari aluminium lebih baik dibandingkan dengan fiberglass dan kayu, sehingga sering digunakan pada saat kompetisi panahan. Tingkat fleksibilitasnya tinggi menjadi nilai tambahan untuk memilih anak panah ini.

4. Face Target

Peralatan ini adalah tempat target yang memiliki angka nilai untuk menjadi sasaran tembakan anak panah. Face target biasanya dijual dalam bentuk lembaran spanduk. Jika sampai dirumah, sebaiknya diberi alas lagi seperti gabus, tumpukan jerami, atau kardus tebal.

5. Perlengkapan lainnya

Selain dari peralatan wajib di atas, masih ada beberapa perangkat yang perlu untuk diketahui, yaitu:

  • Arm guard: pelindung tangan dari jepretan tali busur ketika menembak.
  • Glove atau sarung tangan khusus untuk memanah agar jari tidak mudah luka saat menembak.
  • String peep: pengukur tingkat kelurusan sebuah tali busur.
  • Kisser button: perangkat untuk merasakan tali busur lewat bagian ujung bibir pemanah.
  • Pressure button: aksesoris yang pemanah bisa gunakan demi mendapatkan tingkat kecepatan terbang anak panahnya secara maksimal.
  • Archery bow level: perangkat yang fungsi utamanya mengindikasi atau memeriksa posisi busur sudah vertikal atau belum.

Toko Busur Panah Sunnah

Itulah ulasan tentang perlengkapan panahan yang wajib untuk diketahui sebelum ingin membelinya.

Tak perlu bingung, di Tokopedia banyak yang menjualnya dengan harga terjangkau. Salah satunya ada di Jakarta Timur yaitu toko Busur Panah Sunnah yang sudah dipercaya karena kualitasnya.

Toko ini bergabung bersama Tokopedia sejak Agustus 2017 bertujuan untuk menghidupkan sunnah nabi yang menyarankan kita untuk belajar memanah. Tak disangka antusias masyarakat sangat tinggi, terbukti selama 2 tahun ini sudah mendapat 3 medali perak, bintang sebanyak 4.7 poin, dan 350 tingkat kepuasan pembeli.

Toko Busur Panah Sunnah menyediakan berbagai kebutuhan untuk belajar memanah, seperti anak panah yang terbuat dari kayu ramin, fiberglass, sarung busur,  bantalan target panah, busur, alat bantu.

Anda pun bisa membeli seperangkat panahan, toko Busur Panah Sunnah bisa menyiapkan Paket Bowkids Busur, untuk anak-anak dan dewasa.

Jika anda tertarik, anda bisa memesannya dan memilih jasa kurir pilihan seperti JNE, Pos Indonesia, Gosend, SiCepat, Grab, J&T, dan AnterAja. Dijamin akan sampai tujuan dengan aman. Selamat berlatih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here