Keramahan Owner Toko Perlengkapan Bayi ku

0
55

Sebenarnya kalau belanja baik online maupun offline pasti yang disukai pembeli salah satunya adalah keramahan pemilik toko atau owner toko tersebut. Bisa dibayangkan jika membeli di sebuah toko offline dengan penjualnya yang berwajah masam atau merespon dengan kalimat-kalimat yang tidak ramah, sementara jika di toko online direspon dengan kalimat-kalimat yang seperlunya atau singkat, rasanya agak kurang nyaman buat saya pribadi. Betul gak sih?

Misal ketika berbelanja di sebuah toko online begitu tanya: Apakah warna pink ready?, lalu penjualnya menjawab dengan kalimat singkat: Ready. Memang jawaban tersebut wajar, bukan jawaban yang tidak sopan atau berkesan negatif. Tapi sebetulnya alangkah senangnya kita sebagai konsumen jika mendapat respon yang lebih friendly. Tidak sekedar menjawab seperlunya.

Misal ketika kita bertanya mengenai stock produk di sebuah toko online seperti yang saya tulis di atas, lalu penjual toko menjawab dengan kalimat; “Hai Bunda, yang pink ready ya. Silakan langsung diorder ya”

Kalimat jawaban penjual toko tersebut terbaca sangat friendly, ramah, membuat konsumen merasa nyaman dan senang untuk bertransaksi atau bahkan setelah membeli akan kembali lagi menjadi pelanggan. Tidak sekedar menjadi pembeli biasa yang hanya 1-2 kali bertransaksi, lalu mencari toko lain lagi.

Keramahan Owner Toko Perlengkapan Bayi ku

Nah, ada satu toko perlengkapan bayi di Tokopedia yang menurut saya ownernya ramah sekali. Meski kita hanya bertanya satu kalimat, maka akan dijawab dengan kalimat cukup panjang. Gaya bahasanya ramah sekali, seakan-akan kita tengah berhadapan dengan seorang penjual toko yang senang menyapa calon konsumen atau pembelinya.

Kebetulan saya baru memiliki bayi berusia 5 bulan, dan mencari beberapa keperluan untuk Si Kecil seperti boneka, aksesoris, sepatu. Ketika stalking saya menemukan toko Perlengkapan Bayi ku. Setelah melihat-lihat produk yang dijualnya dan tertarik dengan salah satu produknya, sebelum memutuskan membeli saya cek lebih dahulu kesan para konsumen di toko tersebut pada menu ‘Info’. Tujuannya sih, biar semakin yakin.

Terus saya klik menu ‘Diskusi’, dan menemukan aneka percakapan owner dan calon konsumennya. Terlihat sekali kalau owner toko Perlengkapan Bayi ku merespon para calon konsumennya dengan ramah, bahasanya tidak sekedar satu-dua. Ketika ada calon konsumen yang bertanya dengan singkat: “Ready? Tinggi berapa, bisa Gosend?”

Dijawab owner toko Perlengakapan Bayi ku dengan cukup detil dan panjang “Hai, barang ini ready ya. Tinggi sekitar 20-25 cm, silakan langsunng diorder ya. Gosend kalau keburu kirim hari ini, kalau ga kirim besok ya Bun, terima kasih.

Semua pertanyaan para calon konsumen dijawab semua meski ada beberapa yang sekedar bertanya saja. Selain ramah juga fast respon, sebagian besar pertanyaan calon pembeli dijawab hari itu juga oleh ownernya. Ketika saya menanyakan salah satu produk, dan tidak langsung dijawab. Maka keesokannya dijawab dengan permintaan maaf baru bisa menjawab.

Wah, saya lansung tertarik dong untuk ikutan bertanya produk yang kebetulan ingin saya beli untuk Binar. Saya tertarik dengan produk mainan tangan motif jerapah yang warna-warnanya bisa melatih penglihatan Binar, harganya cukup murah Rp 35.000. Ketika saya tanya malam-malam tentang produk tersebut, secepat kilat dibalas oleh ownernya.

Proses selanjutnya pun langsung deh saya klik menu ‘Beli Sekarang’ untuk proses selanjutnya pembayaran dan barang yang saya order pun tiba di rumah sesuai dengan ekspedisi yang saya pilih. Karena lokasi toko Perlengkapan Bayi ku masih satu kota dengan saya, yakni Depok dengan ekspedisi JNE OK dua hari pun sampai deh ke rumah. (Pena/EM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here