Mengenal Sejarah Bola Basket Dunia dan Perkembangannya di Indonesia

0
63

Sejarah Bola Basket – Permainan bola basket saat ini telah menjadi salah satu olahraga yang terpopuler di Indonesia, meski ketenarannya masih kalah dari sepak bola maupun bulu tangkis. Seiring berjalannya waktu, olahraga basket semakin terkenal kini, terlebih setelah kompetisi lokal, dari antar sekolah hingga profesional telah semakin baik. Dengan begitu, ke depannya basket kemungkinan besar bisa lebih banyak peminatnya di Tanah Air.

Bagi kamu yang sangat menyukai olahraga ini, pernah terbayang nggak sih sebenarnya dari mana asal terciptanya permainan yang popularitasnya sangat dipengaruhi oleh Liga Basket Amerika Serikat (NBA) di masa sekarang?

Nah, untuk mempelajari lebih jauh awal mula terciptanya permainan bola basket, hingga perkembangannya di Indonesia, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Asal-usul Bola Basket

Sumber Gambar: Springfield College

Olahraga bola basket diciptakan pada tahun 1891 oleh Dr. James Naismith, seorang guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat. Pada saat itu, ia harus membuat suatu permainan olahraga di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin.

Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Kanada, lalu tercipta lah permainan yang sekarang dikenal sebagai olahraga bola basket pada 15 Desember 1891.

Lalu, seperti apa perkembangan bola basket setelah itu?

Sejarah Bola Basket Dunia

Awal mula perkembangan olahraga basket ini banyak sekali orang yang bertentangan, karena banyak yang berpikir bahwa bahwa permainan olahraga basket ini terlalu keras, dan tidak cocok apabila dilakukan di dalam ruangan yang tertutup. Karena itu, James Naismith memutuskan membuat peraturan dasar untuk bermain bola basket dan mulailah dimainkan oleh murid-muridnya.

1. Pertandingan Pertama dan Diadakannya Kompetisi

Sumber Gambar: Pinterest

Pertandingan basket pertama diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 dan terlahirlah nama basketball yang didapat dari salah satu murid James Naismith.

Sejak saat itu, olahraga basket pun sudah mulai menyebar ke Amerika Serikat, mulai dimainkan oleh banyak orang, dan diadakanlah kompetisi bola basket. Sekarang permainan bola basket ini sudah dapat dijumpai oleh orang-orang dengan mudah, diseluruh Kota di negara bagian Amerika Serikat dan seluruh dunia.

2. Lahirnya Liga Basket NBA

Sumber Gambar: NBA

Setelah bola basket mulai dikenal luas, pada 6 Juni 1946, lahir lah kompetisi bola basket ternama asal Amerika, yaitu National Basketball Association (NBA). Dari sini lahir lah para bintang basket NBA, mulai dari Lary Bird, Kareem Abdul-Jabbar, Michael Jordan, Kobe Bryant, hingga kini LeBron James dan Stephen Curry.

Sejarah Bola Basket Indonesia

Perkembangan olahraga bola basket memiliki sejarah panjang di Indonesia, awalnya dimulai dengan masuknya imigran dari China ke Indonesia pada tahun 1920-an. Pendatang Cina membawa permainan bola basket yang telah dikembangkan di Tiongkok.

1. Awalnya Dimainkan Etnis Tionghoa

Sumber Gambar: American Association of University Women

Awalnya bola basket hanya dimainkan oleh kaum elit Tionghoa dan menjadi identik dengan kaum tersebut di Indonesia. Bangsa Indonesia sendiri masih belum memainkan bola basket karena pada saat itu masih di bawah penjajahan Belanda. Walaupun Belanda tidak melarang kaum pribumi untuk bermain bola basket, tetapi pada saat itu masih sedikit sekali pemain bola basket Indonesia.

Karena itu, pemain basket terkenal Indonesia mayoritas etnis Tionghoa. Pada saat itu pun  setiap sekolah Tionghoa di Indonesia diwajibkan menyelenggarakan olahraga bola basket, dan setiap siswa pun akhirnya harus bermain bola basket.

2. Masuknya Basket di Ajang PON Indonesia

Sumber Gambar: Poskita

Semakin lama, semakin banyak pemain bola basket Indonesia yang andal, karena pengaruh dari olahraga bola basket tersebut di sekolah. Buktinya adalah permainan bola basket masuk ke dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di tahun 1948, PON pertama Indonesia. Keterbatasannya hanyalah hanya bisa dimainkan oleh kaum pria saja.

Setelah itu, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) kedua di tahun 1951 olahraga bola basket sudah dikompetisikan dengan peserta dari regu putra dan putri. Regu yang dikirim pun bukan lagi dari Karesidenan. Melainkan cakupannya sudah meliputi provinsi.

3. Terbentuknya Organisasi Basket Indonesia / PERBASI

Sumber Gambar: Main Basket

Indonesiapun lalu membentuk PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) di tahun 1951 dan diterima sebagai anggota FIBA ​​(International Basketball Federation) pada tahun 1953. Setahun kemudian, untuk pertama kalinya Indonesia mengirim tim bola basket di Asian Games di Manila.

Sejarah basket di Indonesia semakin menunjukkan kemajuan, dengan munculnya liga bola basket profesional pria yang awalnya dikenal sebagai Kobatama yang sekarang menjadi National Basketball League (NBL) Indonesia, dan juga liga basket profesional putri yang sekarang dikenal sebagai Women’s National Basketball League (WNNBL).

Nah, itulah sejarah perkembangan permainan bola basket di dunia dan awal mulanya masuk di Indonesia! Cukup menarik, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here