Menyusui di Tempat Umum? Siapkan 4 Hal Praktis Ini

0
17

Semua wanita pasti merasa bahagia saat merasakan hamil, melahirkan, terutama saat menyusui. Di saat inilah dia merasa sempurna menjadi seorang ibu. Namun disayangkan masih banyak ibu yang malas menyusui saat bepergian karena merasa repot untuk membuka dan menutup pakaian di bagian dada.

Apalagi jika menyusui di tempat umum seperti angkot, kereta, bus, atau tempat perbelanjaan. Jika bayi sudah merengek minta disusui, rasanya kita akan kerepotan membuka pakaian di bagian dada, ada rasa risih jika menyusui di depan orang lain.

Sebaiknya hal ini tidak terjadi lagi karena menyusui bayi secara langsung sangat bermanfaat menciptakan hubungan yang kuat antara ibu dan buah hati. Jika saja ada jarak menyusui, biasanya si kecil akan bingung puting dan akhirnya tidak mau lagi menyusu.

Selain itu jika ASI terus diberikan pada bayi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga jarang sakit. Menyusui juga berperan dalam meningkatkan kecerdasannya.

Sedangkan bagi ibu, menyusui itu dapat menurunkan berat badan karena energi yang tersimpan diserap dan keluar melalui ASI. Manfaat lainnya menyusui itu dapat mencegah resiko kanker payudara.

Jadi jika anda ingin bepergian, jangan khawatir, karena sudah banyak pakaian pendukung untuk menyusui. Bahkan di beberapa tempat sudah disediakan tempat khusus yang nyaman untuk menyusui.

Adalah hal wajar jika ibu menyusui itu ingin bepergian, karena jika di rumah saja bisa-bisa akan membuat pikiran stress dan bosan. Namun jika ingin bepergian, ada baiknya ajak suami, saudara dekat, atau teman.

Dan sebelum pergi pastikan kenakan baju menyusui dan membawa perlengkapan menyusui sesuai kebutuhan, antara lain:

1. Baju khusus menyusui praktis

Pada umumnya baju menyusui memiliki ciri-ciri utama adanya bukaan di depan, bagian dada, sehingga ibu dapat mudah mengeluarkan payudara untuk diberikan kepada si bayi.

Namun, sebaiknya pilih baju dengan bukaan dada yang praktis, tinggal sibak atau yang memiliki resleting, tanpa harus repot membuka kancing satu persatu.

Baju menyusui sebaiknya berbahan katun atau kaos yang dapat menyerap keringat, tidak panas, dan tidak ketat sehingga bagian dada tidak terekspos. Bahan pakaian yang kasar berisiko membuat bayi tidak nyaman. Semua ini akan membuat anda nyaman saat menyusui.

Memilih baju menyusui yang longgar juga dapat membuat ibu lebih percaya diri sehabis persalinan karena bentuk tubuh yang belum kembali seperti semula.

Anda juga tetap bisa mencari berbagai model baju menyusui di dunia maya yang sesuai gaya dan fleksibel sehingga masih bisa dipakai meski sudah tidak menyusui lagi.

2. Bra khusus menyusui

Saat menyusui, biasanya payudara akan mengalami pembesaran ukuran payudara sehingga membuat ibu belum dapat mengenakan bra yang biasa dikenakan sebelum hamil.

Bra menyusui lebih nyaman karena selain tidak seketat bra biasa, bra jenis ini menyusui umumnya memiliki bukaan pada cup yang dapat dibuka tutup dengan mudah. Jadi Anda akan merasa nyaman tanpa harus repot membuka semuanya.

3. Celemek/apron menyusui

Beberapa ibu merasa lebih nyaman menutupi bayinya dengan kain saat sedang menyusui. Kini telah tersedia banyak celemek atau apron menyusui yang dikalungkan pada leher sehingga ibu lebih nyaman menyusui bayi terutama di tempat umum.

Bentuknya seperti celemek para koki, namun berbahan lembut dan tidak panas, sehingga tidak akan membuat gerah sang bayi yang sedang ditutupi. Motifnya lucu-lucu. Sebaiknya biasakan pakai apron ini sejak bayi lahir karena akan membuatnya terbiasa.

4. Breast pad

Kadang kala ibu menyusui sering mengalami ASI bocor yang tidak tertampung dan merembes mengenai pakaian. Breast pad berupa lapisan kain kecil yang diselipkan ke dalam bra, dapat menjaga agar rembesan ASI ini tidak sampai mengenai pakaian luar.

Ada breast pad yang dapat dicuci dan dipakai ulang, serta ada juga yang hanya sekali pakai. Jika volume kebocoran ASI banyak, breast pad sebaiknya sering diganti untuk mencegah iritasi dan infeksi.

Itulah tips agar Anda mudah menyusui dengan nyaman di tempat umum. Semua itu bisa Anda dapatkan di tokopedia. Praktis kan?

Farras Baju Menyusui


Jangan bingung mencari baju-baju menyusui seperti itu, sudah banyak tersedia di toko-toko online dengan berbagai model dan motif seperti di Tokopedia. Salah satunya di Toko Farras Baju Menyusui.

Sejak Desember 2015 toko yang terletak di Jakarta ini berkomitmen mendukung program ASI yang terbaik. Segala kebutuhan baju menyusui, keperluan menyusui seperti apron, breast pad, juga mainan edukasi untuk si kecil tersedia di sini.

Anda memilih baju menyusui dengan merk Mamigaya dengan bahan yang nyaman dan adem. Bentuk dan modelnya pun bervariasi seperti inner, kutung, atasan, gamis, dengan berbagai ukuran. Bahan pakaian Untuk Anda yang berbadan gemuk, Toko Farras juga menyediakan pakaian berukuran besar (big size).

Menurut 1034 ulasan, hampir semua pembeli merasa puas dengan paket yang diterima. Hanya dengan 8 jam, proses pengemasan pun segera dilakukan oleh pegawai Toko Farras setelah adanya pembayaran. Barang akan dikirim menggunakan jasa JNE, Gosend, Grab Someday, dan J&T.

Tak heran Toko Farras mendapatkan predikat 4 medali silver dengan 1959 poin. Itu tandanya toko baju menyusui ini pantas direkomendasikan sebagai tempat berbelanja semua kebutuhan Anda sebagai ibu menyusui. Anda tertarik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here