Oqky69: Seller Lensa Bongkaran Terbaik

0
16

Fotografi sudah lama dikenal sebagai hobi mahal. Peralatan untuk berburu objek menarik (hunting), mulai dari kamera, speedlight, tripod, dan terutama lensa harganya sering bikin dompet jebol atau mengharuskan menginvestasikan dana tak sedikit.

Hobi ini makin menyedot dana besar, jika kita ingin mengeksplorasi beragam genre yang biasanya mensyaratkkan lensa dengan karakteristik tertentu. Salah satu genre yang digandrungi, karena bisa menghasilkan foto-foto dramatis adalah macro photography atau fotografi makro.

Berbeda dengan genre lain, fotografi makro menjadikan benda-benda kecil (rumput, daun, serangga, peralatan elektronik, dan lain-lain) sebagai objek bidikan lensa. Hasil karya fotografer yang menggeluti genre ini banyak yang dramatis, dan nggak kalah dengan hasil jepretan fotografer yang biasa memotret para model atau dahsyatnya medan pertempuran karya fotografer perang.

Ini Dia Fotografi Makro Ekonomis

Lalu benarkah, tak ada cara lain yang lebih ekonomis untuk menggeluti macro photography? Ternyata ada! Lewat grup fotografi di Facebook, saya mengetahui ada penggila fotografi yang memanfaatkan limbah lensa bekas. Lensa yang sudah tak bisa digunakan untuk kamera DSLR itu, dengan kreatifitas disulap jadi lensa tambahan untuk smartphone. Yup, memang ke smartphone alias handphone. Makanya fotografi dengan lensa bekas ini jadi murah meriah.

Lensa bongkaran atau Lensbong begitu orang-orang kreatif itu menyebutnya. Lensbong kebanyakan digunakan untuk memotret objek dari jarak dekat (2-10 centimeter), jarak ideal untuk fotografi makro. Bentuknya sederhana, dan menggunakan tali kolor atau alat penjepit murahan untuk “menempelkan” ke lensa smartphone.

Meski terkesan seadanya, jangan anggap sepele hasil jepretan lensa bongkaran. Dengan penguasaan komposisi, memainkan pencahayaan, rajin hunting ke semak-semak tempat banyak serangga berseliweran dan bermodal ketekunan sejumlah fotografer amatir yang menggunakan lensa bongkaran berhasil memperoleh foto-foto keren.

Tertipu Penjual Abal-abal

Karena tertarik mencoba lensa bongkaran, saya langsung searching ke salah satu marketplace. Dari pencarian itu, saya akhirnya memesan lensa bongkaran dari seorang penjual dari Jawa Tengah. Saya tertarik karena di lapaknya banyak ditampilkan foto-foto makro serangga.

Namun pembelian pertama saya berujung kecewa. Lensa seharga 125 ribu rupiah tersebut sangat ala kadarnya. Bukan dibuat dari limbah lensa DSLR, tapi dari kepingan kaca pembesar di lubang intip pintu kamar hotel. Hasilnya benar-benar jelek! Buram, tak pernah fokus, pokoknya lensbong ini abal-abal.

Untuk menjawab rasa penasaran, saya kembali mencari penjual lensa bongkaran. Kali ini saya mencari di Tokopedia,dan dibawa ke merchant asal Bandung Barat. Nama tokonya sederhana: Okqy69 yang kemudian saya ketahui diambil dari nama sang pemilik Okqy Purnama Setiawan.

Beli Lensbong Prosumer

Dari Okqy69 saya memesan lensbong prosumer dengan bonus lensa macro ekstrem. Lensa yang dibanderol 150 ribu rupiah ini bentuknya sederhana, dan memang terlihat sebagai limbah lensa DSLR yang pensiun.

Dengan jarak fokus lensa dua centimeter dengan depth of field tipis, smartphone harus rajin maju mundur cantik! Agar objek bisa tajam saat dibidik.Dari beberapa kali ujicoba, saya merasa puas. Oiya, supaya hasilnya bagus sebaiknya pemotretan memperhatikan kondisi cahaya dan mewaspadai angin yang sering membuat objek goyang dan out of focus.

Dalam setiap transaksi, Okqy69 menyarankan pembeli membaca aturan pakai yang tertera di link profil atau berdiskusi via facebook. Tujuannya, supaya pembeli bisa memaksimalkan lensa karya Okqy69. Atau sekadar diskusi sambil sharing foto hasil hunting di semak-semak. Proses jual beli yang bersahabat, akrab dan ramah membuat Okqy69 kerap jadi tempat rujukan penggemar lensbong di tanah air.

Merchant Unik

Okqy69 merupakan merchant unik. Berbeda dengan merchant lain, barang dagangan di etalase sangat terbatas dan selalu berubah-ubah.Semua tergantung, ketersediaan lensa bongkaran yang berhasil dioprek Okqy. Saat tulisan ini dibuat, di etalase hanya ada gantungan kunci lensa bekas.

Sejak 2016, Okqy69 telah menjual 615 produk dan punya 221 follower. Sejauh pengamatan saya, belum ada pembeli yang komplain. Mereka kebanyakan memberi ulasan dengan bintang lima atau empat. Okqy69 pantas disebut sebagai seller lensa bongkaran terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here