Teknik Mart, Toko Teknik Online Terpercaya di Jakarta

0
79

Mayoritas laki-laki itu menyukai peralatan teknik dan tempat paling favorit bagi mereka adalah pasar-pasar yang menjual peralatan pertukangan dan teknik. Warga Jakarta biasanya membeli ini itu ketika kebetulan mapir ke pasar glodok atau pasar kenari Jaya. Tetapi bagi yang malas bawa barang berat, ada toko teknik terpercaya di Jakarta yang memberikan solusi berbelanja online bebas angkut-angkut, Teknik Mart namanya.

Hendra, warga Jakarta Selatan yang suka berbelanja alat-alat teknik menuturkan, membeli alat teknik secara online tak perlu kuatir karena merek sudah menjelaskan banyak hal. “Sebagai orang teknik, saya cukup tahu merek-merek yang dijual di sana. Merek-mereknya branded dan harganya cukup bagus” katanya soal pengalamannya membeli di teknikmart.

Misalnya bor tangan BOSCH 10,8 V dijual Rp 924.000, gerinda tangan BOSCH 4 Inchi dijual Rp 410.000, dan Chainsaw Wagner Rp 1,99 juta. Dibandingkan dengan harga toko offline, harga-harga ini cukup murah dan bebas capek. Kalau zaman dulu kita beli alat teknik, males bawa pulangnya karena berat. “Apalagi kalau pas naik sepeda motor, cukup merepotkan” katanya.

Padahal terkadang alat itu dibutuhkan segera. Di rumah itu selalu saja ada kebutuhan alat-alat teknik elektrik ringan seperti bor tangan dan mesin amplas tangan. Untuk memasang pesawat televisi saja setidaknya harus ada bor tangan. Kalau saya, yang memiliki anak kecil, tembok rumah selalu kotor dicorat-coret spidol. Biasanya saya menghapusnya pakai amplas nomor 1000 yang digerakkan dengan mesin tangan.

Para pelaku usaha di bidang teknik biasa memesan barang-barang via online hanya untuk mata bor, batu gerinda, dan mata gergaji tangan. Pembelian Hendra terakhir adalah bor elektrok Bosch 10,8 V seharga Rp. 924 ribu. Saya lihat produk ini telah dibeli delapan kali dengan tingkat sukses transaksi seratus persen.

Barangnya cukup bagus, selain dilengkapi tombol reverse juga ada mode pengeboran beton. Handlingnya enak karena bobotnya dapat. Bila dibandingkan dengan bor serupa yang saya pakai terakhir, yang ini lebih kuat daya putarnya. Bor saya yang lama, bila ditekan kuat ke besi yang mau dibor, kadang putaran pertama terasa berat.

Maraknya toko online memang semakin mewarnai dunia perdagangan sehingga harga-harga cenderung lebih miring. Untuk barang-barang teknik bermerek, seperto Bosch, Makita, dan Krisbow, kualitasnya sudah bisa diukur. Berbeda dengan membeli pakaian, beli barang teknik di toko online lebih terjamin.

Apalagi saat ini banyak para pemain seller online merupakan pemain lama yang sudah memiliki sejarah panjang berjualan di toko. Agar tidak kalah bersaing pemilik toko offline harus menyesuaikan diri dengan ikut menawarkan produk secara online.

Pengelola toko, Januar mengatakan, penjualan online meningkat drastis dalam dua tahun terakhir. Maka tokonya masuk dunia online agar memaksimalkan transaksinya. “Penjualan online kami naik drastis, tapi penjualan offline turun 10% setiap tahun,” ungkap Januar.

Diungkapkannya, barang-barang yang terjual secara online biasanya barang-barang kecil seperti bor tangan, gerinda, mesin poles, dan yang paling besar chainsaw. Untuk alat-alat yang lebih besar dan mahal seperti kompresor, orang masih memilih membeli langsung datang ke toko.

Penjualan secara offline dan online juga memiliki kriteria pembeli yang berbeda. Dimana pembeli offline biasanya pelanggan tetap, pembelian untuk perusahaan, dan membeli dalam partai besar. Sedangkan untuk pembeli online kebanyakan untuk keperluan sendiri dan hanya satu atau dua item saja. Sehingga penjualan online tidak secara signifikan menurunkan penjualan secara offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here