Tips Memilih Jas Hujan Yang Tepat Bagi Pengendara Motor

0
25

Musim hujan begini cukup bermasalah bagi pengendara motor. Kalau tiba-tiba hujan turun dan pengendara tidak segera meneduh bisa-bisa malah jadi basah kuyup. Namun jika terlalu lama meneduh, perjalanan pun jadi bisa terlambat sampai ke tempat tujuan.

Nah, salah satu cara agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya pengendara motor harus memiliki jas hujan yang berkualitas baik agar dapat melindungi pengendara dari guyuran air dan kotoran.

Sebelum membeli jas hujan, sebaiknya kita harus tahu dulu jas hujan seperti apa yang cocok untuk kebutuhan kita.

Berikut jenis-jenis model jas hujan yang ada di pasaran:

1. Model setelan baju dan celana

Model ini paling banyak digunakan oleh banyak pengendara karena melindungi dari air hujan dengan maksimal. Penggunaannya juga lebih leluasa karena kaki bisa bebas bergerak.

2. Model ponco

Model ini adalah jas hujan bentuknya lebar dari atas ke bawah dan lebar kesamping seperti bersayap. Namun menurut survey, memakai jas hujan ini sangat tidak dianjurkan karena bisa membahayakan pengguna bila masuk ke ban/rantai motor, bahkan sering menutupi lampu sen.

3. Model jubah

Model jubah merupakan jas hujan terusan dari kepala sampai kaki, biasanya sampai betis. Model ini kurang cocok digunakan di atas motor karena tidak melindungi bagian kaki sehingga tetap basah kuyup.

4. Model Setelan Rok

Jas hujan ini biasa digunakan oleh pengendara yang menggunakan rok panjang atau gamis busana. Lebih-lebih kalau jenis motornya adalah matic, jas hujan model bawahan rok bisa membantu mengurangi basah jika terkena hujan.

5. Jas hujan kombinasi ponco

Setelan jas hujan ini bentuknya perpaduan jas hujan ponco dan celana panjang. Jas hujan ini bertujuan untuk melindungi kaki pengendara dari hujan untuk menutupi kekurangan jas hujan ponco yang tidak melindungi kaki.

Berikut tips memilih jas hujan yang cocok:

Pilihlah ukuran jas hujan sesuai bentuk tubuh agar terasa nyaman dan aman. Pastikan untuk melebihkan ukurannya 1 – 2 kali lebih besar dari ukuran normal Anda. Misalkan ukuran jas hujan yang pas di badan anda berukuran L, pilihlah ukuran XL atau XXL, bahkan lebih.

Tujuannya agar masih ada rongga udara, badan terasa nyaman, tidak kesempitan, dan tidak membuat panas. Apalagi jika anda membawa tas, jas hujan yang besar bisa menutupi tas agar tidak kebasahan.

Pilih bahan/material jas hujan. Pemilihan bahan jas hujan biasanya berdasarkan harga, kualitas dan kenyemanan pengguna. Jika tidak tahan gerah, gunakanlah bahan jas hujan parasut atau taslan meskipun agak sedikit mahal. Bisa juga Anda gunakan jas hujan campuran dengan bahan dasar PVC dan polyester.

Jas hujan dengan bahan karet bisa melindungi kita dari air hujan dengan maksimal karena sambungannya menggunakan press namun cukup gerah pada saat dipakai.

Pilih Warna. Mengapa warna menjadi salah satu tips dalam memilih jas hujan? Karena warna jas hujan bisa membuat pengendara motor aman dan mengurangi resiko kecelakaan.

Pilihlah warna jas hujan yang terang atau jika berbahan gelap, usahakanlah jas hujan memiliki scotlight, garis yang bersinar jika terkena cahaya. Tujuannya agar pada waktu hujan deras pengendara lain masih bisa melihat apalagi di malam hari.

Pilihlah motif yang unik, apalagi motif yang lucu untuk anak, agar mereka suka hati dan nyaman memakainya. Salah satunya motif batik. Pastikan bahannya yang baik agar tak mudah bocor

Perhatikan harga, biasanya semakin mahal kualitas bahan semakin baik, namun tidak menutup kemungkinan ada juga jas hujan yang murah tapi lumayan bagus kualitasnya.

Daddy_Olshop, Toko Jas Hujan Terpecaya

Agar tidak ada keraguan, anda bisa membelinya di tokopedia. Salah satunya toko Daddy_Olshop yang berada di kawasan Jakarta Utara. Banyak aneka perlengkapan jas hujan dengan aneka model dan motif dijual di sini, termasuk payung lucu untuk anak-anak.

Meski baru dibuka tahun 2017, namun toko ini telah mendapat reputasi yang baik, pantas saja mendapat 4.8 bintang, 4 bintang silver. Jika anda bingung, mereka siap membantu memilihkan jas hujan sesuai kebutuhan anda.

Jika anda ingin memesan salah satu jas hujan, anda bisa memilih kurir seperti JNE, Gojek, Grab, Sicepat. Asyik bukan?

Anda mau mencoba membeli di sini? Tetap perhatikan beberapa informasi seputar jas hujan yang kami ya. Semoga membantu mempercepat dan memudahkan perjalanan anda meski hujan sedang turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here