Toko Kompak: Penjual Komik Recommended di Jakarta

0
14

Cerita bergambar (cergam) atau komik karya cergamis Indonesia satu dekade terakhir kembali semarak. Meski sempat limbung karena serbuan komik Amerika, Hong Kong dan Jepang, tanda-tanda kebangkitan komikus nasional kian menguat. Kembalinya komikus lokal, diiringi kreatifitas mereka menggarap beragam genre. Mulai dari humor, roman dan tentu saja genre superhero.

Kebanyakan karya cergamis dan komikus generasi 2000-an ini muncul secara indie, sehingga pemasarannya tidak luas dan dicetak sangat terbatas. Akibatnya penggemar komik sulit mengakses karya-karya cergamis era baru ini.

Padahal, karya komikus zaman sekarang selalu bikin penasaran karena sering jadi pembicaraan di media sosial seperti Facebook atau forum diskusi sebelum dirilis. Tapi rasa penasaran itu tak selalu berbuah manis dengan berhasil memiliki edisi cetak komik-komik tersebut.

Komik Indonesia di Marketplace

Di tengah kesulitan tersebut, penggemar komik Indonesia mulai bernafas lega seiring hadirnya marketplace seperti Tokopedia. Tokopedia dan aplikasi sejenis membuat penggemar komik bisa menemukan dan membeli komik-komik Indonesia lawas maupun baru, yang susah ditemukan di rak-rak toko buku konvensional.

Dan dari sekian banyak karya, ada komik menarik yang bermain di genre yang jarang digarap komikus nasional. Yaitu komik Kisah Petualangan Bagas, produksi bersama antara PT Era Media Informasi dan Caravan Studio yang dirilis perdana di tahun 2014. Mengambil setting Perang Dunia II, komik ini menceritakan petualangan dan perjuangan Bagas dan kawan-kawannya sebagai tentara pelajar.

Sayangnya komik yang bagus ini, tak selalu ada di toko buku. Di sejumlah toko buku di beberapa mal dan plaza di Jakarta, stoknya selalu kosong atau tak tersedia. Kasusnya mirip dengan komik Si Buta dari Gua Hantu yang diterbitkan ulang oleh penerbit Bumilangit. Banyak dibicarakan di kalangan penggemar komik, tapi bukunya sulit ditemukan di rak-rak toko buku.

Setelah lelah hunting di toko buku, saya berhasil memiliki komik Petualangan Si Bagas lewat Toko Kompak. Sebuah merchant penjual komik di Tokopedia. Harganya tetap normal: 25 ribu rupiah per eksemplar. Sementara beberapa merchant lain ada yang jual 30 hingga 40 ribu rupiah.Itu pun belum termasuk ongkos kirim.

Tentang Toko Kompak

Toko Kompak mulai membuka pelayanan di Tokopedia sejak Oktober 2015. Di etalasenya banyak tersedia komik Indonesia dan beberapa komik Jepang. Mereka juga menjual tshirt dengan gambar-gambar komik, dan beberapa judul novel. Saat tulisan ini dibuat level reputasi mereka ada di 5 bronze, dengan 31 followers dan berhasil menjual 206 produk.

Yang saya suka dari toko ini adalah semangat mereka melayani calon pembeli. Admin toko mau meluangkan waktu untuk cek stok buku-buku yang kita cari. Ini saya rasakan saat mencari buku komik Petualagan Si Bagas jilid 1: Misteri Makam Paneleh dan Petualangan Si Bagas jilid 2: Perebutan Senjata Pamungkas. Admin mereka berjanji mencarikan dua judul tersebut, saat saya menanyakan stock tengah malam.

Respons baik dan pengiriman paket yang cepat membuat pembeli seperti saya, tak butuh waktu lama untuk menunggu. Sejak pembayaran diverifikasi Tokopedia hingga paket sampai di tangan hanya butuh waktu satu setengah hari.

Tak hanya peduli pada konsumen, Toko Kompak juga menjaga kejujuran. Hal itu, terlihat dari ulasan seorang pembeli ber-nickname Kamen Ride. “Respon penjual baik, kelebihan transfer pun dikembalikan. sesuai pesanan bahan adem cetakan bagus,” tulisnya setelah menerima kaos bergambar kartun karya Mice pada 18 Desember 2018. Dari 118 ulasan pembeli, 108 orang memberikan penilaian bintang lima dan 10 orang memberi bintang empat. Betul-betul recommended seller. (Pena/EM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here