Wisata Kuliner Bali yang Amat Menggoda Lidah

0
29

Soal kuliner, Bali bisa dibilang tidak kalah dengan daerah lainnya. Kalau tidak tahan godaan, lidah bisa terus bergoyang.

Pernah gak bertemu atau mendengar cerita para traveler Indonesia saat berjalan-jalan keluar negri dan mencoba menceritakan Indonesia? Maka orang-orang asing itu akan lebih mengenal Bali dari pada Indonesia.

Bahkan bagi mereka Bali itu yah Bali, bukan Indonesia. Gak sedih juga sih jika mereka lebih hanya mengenal Bali bukan Indonesia secara keseluruhan.

Namun saya tetap bangga juga jika mereka mengenal Bali, karena Bali tetaplah bagian Indonesia bukan? Tidaklah heran jika mereka lebih mengenal Bali karena Bali masih menjadi sebuah destinasi terfavorit banyak orang berkat keindahan pulau dewata ini.

Bali dengan keindahan pantai-pantainya yang sudah sangat mendunia ini sebuah maha karya dari Sang Pencipta yang sangat dibanggakan oleh masyarakat setempat khususnya juga Indonesia pastinya.

Ditambah dengan kehidupan dan budaya Bali yang sangat tradisonil ini menjadi sebuah daya pikat tersendiri bagi wisatawan asing yang akan berkujung ke pulau Bali. Saya saja sebagai orang Indonesia yang berasal dari Sumatera sangatlah kagum akan keindahan Bali ini dan tidak pernah bosan untuk bisa berkunjung ke tempat ini.

Budaya arif pulau ini benar-benar sangat memukau. Penduduk lokal yang banyak memeluk agama Hindu ini begitu melestarikan dan menjaga kerukunan antar lintas agama dan kepercayaan. Prosesi keagamaan masyarakat setempat menjadi sebuah nilai wisata yang sangat dinanti-nantikan oleh wisatawan manapun untuk diabadikan.

Tempat-tempat ibadah yang sakral dan indah pun sering menjadi sebuah pemandangan yang sangat memukau dan dijadikan spot foto yang sangat instagramable sekali. Pantai-pantainya yang memiliki kualitas pasir putih nya bisa disejajarkan dengan kualitas pasir pantai Maldives dan Hawai. Dan daya pikat pantai Bali yang indah inilah yang membuat banyak orang dari seluruh dunia ingin menyaksikan keindahannya.

Namun di balik semua itu, Bali juga memiliki kenikmatan dan kelezatan rahasia warisan kuliner pulau Dewata ini. Ada banyak kuliner-kuliner nikmat yang bisa kita buru dari tempat ini yang bisa menjadi santapan kita.

Masing-masing kuliner memiliki sebuah cerita tentang asal usul dan rahasia bumbu yang asli dari Bali. Bahkan sudah banyak media hingga pakar kuliner yang telah mengangkat cerita tentang kelezatan kuliner Bali yang sangat nikmat dan bercita rasa sedikit pedas.

Mungkin bagi sebagian wisatawan asing cita rasa yang pedas adalah sesuatu yang menakutkan dan membuat lidah berdesis, namun lama kelamaan banyak wisatawan baik domestik maupun internasional mulai terbiasa dengan kuliner Bali yang nikmat tiada tara.

Salah satu kuliner asli Bali yang sering diciicpi oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali adalah Nasi campur Bali. Disebut nasi campur karna dalam satu porsi kita akan mendapatkan aneka lauk dalam porsi yang cukup namun banyak.

Biasanya dalam satu porsi nasi ada 5 sampai 6 lauk yang bisa kita rasakan. Seperti telor, ayam suir panggang, ayam suir pedas, ikan bakar suir bumbu Bali, sate lilit, urap biasanya yang paling sering menjadi pendamping nasi campur Bali plus samba mata Bali yang sudah sangat terkenal.

Ada banyak penjaja aneka nasi campur Bali ini bisa kita temukan dimana-mana dari mulai yang emperan kali lima sampai yang bertaraf hotel bintang 5.

Begitu juga dengan Ayam Betutu Gilimanuk yang berkuah asin dan gurih ini. Diracik dengan bumbu rahasia yang menambah cita rasa tradisional Bali nya semakin terasa. Bagi orang Jakarta tentunya menu ini bisa dengan mudah didapatkan karna salah satu abang rumah makan khas ayam betutu yang terkenal di Bali pun telah membukanya di Jakarta.

Bebek ala masakan daerah Ubud pun sudah sangat terkenal. Bebek yang diolah dengan bumbu rahasia bisa dijadikan sebagai rekomendasi santap siang atau malam bersama keluarga.

Untuk mencicip olahan bebek Bali kita bisa bergeser kedaerah Ubud dan disitu kita akan dengan mudah menemukan rumah makan yang mencoba menawarkan santapan dengan bebek ala rumah makan masing-masing yang pastinya sangat menggiurkan dan membangkitkan selera makan kita.

Nasi Tempong yang seyogyanya mirip dengan pecel ayam nya Jakarta juga menjadi pilihan kuliner yang enak di Bali. Tempong ini sebenarnya nama sebuah sambal yang sangat pedas namun menggoda selera makan loh.

Dengan dampingannya seporsi lalapan yang segar dan lembut tentunya sangat membuat pengalaman makan kita semakin seru karna rasa pedas manis sambel tempong ini. Ada banyak nasi tempong dengan berbagai ‘merk’ bisa kita temukan di Bali. Rekomendasi saya adalah nasi tempong indra dan nasi Tempong Pink. Bisa kita temukan didaerah Kuta.

Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here