ZA Homemade: Seller Online Aneka Kue dan Cemilan Terbaik di Jakarta

0
54
267-za-homemade-seller-online-aneka-kue-dan-cemilan-terbaik-di-jakarta

Perkembangan marketplace setahun terakhir kian pesat. Tak hanya menarik bagi para konsumen yang tertolong bisa belanja cepat, praktis, aman, nyaman dan efisien, marketplace seperti Tokopedia ternyata memiliki magnet bagi para pelaku usaha yang bercita-cinta jadi seller online terbaik dan terpercaya. Salah satunya adalah pengusaha aneka makanan ringan Risni Nurhadiyani Syah.

Sebelum bergabung sebagai merchant di Tokopedia pada April 2018, jebolan SMT Kimia Analis ini sudah Sembilan tahun lebih berbisnis cake dan cemilan lain dengan label ZA Homemade: Oleh-oleh Jakarta. Saya akhirnya membuka merchant di Tokopedia karena marketplace ini makin populer dan familiar di tengah konsumen, beber ibu tiga anak ini.

Selama ini, ZA Homemade banyak menjual cookies dan cemilan lain lewat media sosial atau lewat pameran-pameran. Beberapa produk unggulan yang disukai konsumen antara lain frozen food seperti minipao dan risoles. Ada juga berbagai macam cake seperti bolu gulung, prol tape, dan brownies. Tak ketinggalan, satu produk andalan yang selalu diminati konsumen di bulan Ramadan dan Idul Fitri, bolu mini (bolmin) crunchy.

Ekmal Muahmmad

Sebagai home industry, ZA Homemade disebut Risni mengandalkan bahan dasar premium yang berkualitas. Dan jangan tanya, soal rasa pun tak kalah dengan produk serupa di pasaran cake dan cemilan. Bolmin misalnya, menampilkan bolu dengan rasa yang crunchy yang unik. Bolu kering ini dikemas dalam bentuk mini yang kekinian.
Bolmin ZA Homemade berbeda dengan bolu kebanyakan. Rasanya tidak terlalu manis, dan punya sensasi krenyes-krenyes. Cocok buat cemilan keluarga saat ngumpul dan santai.

Agaknya hal ini yang membuat permintaan cake dan cemilan meningkat. Ya, belakangan ini memang tren penjualan cenderung meningkat, sebagian besar memang wilayah Jabodetabek, tapi pernah juga datang permintaan dari Semarang, Tegal, dan Salatiga, papar Risni. Harga kue dan cemilan, sebutnya, dipatok mulai 28 ribu sampai 40 ribu rupiah, di luar ongkos kirim.

Lantas bagaimana strategi pengantaran barang hingga sampai ke konsumen dengan aman? Untuk itu Risni mengandalkan jasa pengantaran ojek online agar barang cepat sampai, dan untuk luar kota menggunakan jasa pengiriman cepat. Untuk kue kering seperti bolmin, expired date bisa sampai 3 bulan jika kemasan masih rapi tersegel, imbuhnya.

Terjun ke dunia kuliner memang sudah menjadi pilihan perempuan asli Tasikmalaya ini. Sebelumnya, Risni pernah menekuni bisnis suvenir atau kerajinan asal Tasikmalaya. Kurang diminati, dan saya pikir makanan lebih banyak peminatnya karena dekat dengan kebutuhan konsumen, ujarnya.

Untuk menjadi seller online kue dan cemilan terbaik dan terpercaya, Risni terus melakukan perbaikan produksi. Saya inginnya punya dapur khusus, karena sekarang masih campur dengan dapur rumah tangga, papar Risni.

Tak hanya dapur, Risni pun mengungkapkan keinginannya memiliki asisten di bagian produksi dan marketing. Di sini ada sih yang bantu, tapi dia hanya bisa membantu membuat risol saja, sementara saya sendiri sudah cukup repot produksi disambil mengurus rumah tangga, makanya marketing ini pun sulit dipegang, lanjutnya lagi.

Risni mengaku, hal yang cukup krusial saat penjualan adalah repeat order atau pemesanan kembali. Adanya tim yang fokus pada marketing dinilainya menjadi salah satu kunci sukses untuk meningkatkan penjualannya.

Saat ini pun kami juga sedang mengurus berbagai perizinan, berikut sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP), label halal, dan izin edar, semoga semua hal itu tercapai di tahun 2019, harap perempuan 37 tahun ini.(*). (Pena/EM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here